Minggu, 17 Februari 2013

Posted by sahal activities On 20.30
 1. Dulu waktu saya masih kecil masih heboh-hebohnya yang namanya "Lenong bocah", Trio wek-wek,  Joshua yang imut dengan air yang diobok-obok. Kini dunia musik anak-anak telah di infiltrasi dengan boyband, lagu-lagu galau. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan mental si bocah dan dikhawatirkan dapat mengakselerasi pola pikir menuju kedewasaan yang belum waktunya.
2. Setiap sore pergi mengaji dan tadarus di TPQ, sedangkan anak-anak jaman sekarang lebih suka di rumah, nonton coboy junior atau grub-grub boyband girlband sejenis. (parah..parah).
3. zamanku dulu banyak mainan tradisional masih bertebaran, hehe contohnya kehkehan (gasing), mainan petak umpet, betheng, cirak (pake kelereng), dsb. sedangkan anak-anak sekarang lebih suka ngabisin duit utk maen PS atau nongkrong di warnet (hayyo..liat apa dek???)
4. masih ingat kalo masa kecilku itu kagak ada anak yang punya hape, apalagi di bawa ke sekolah. namun sekarang banyak anak-anak SD udah punya hape sendiri. Ada kisah di sekolah dasarku beberapa waktu lalu, seorang anak kecil membawa hape dan ketahuan bapak guru. Setelah dibuka, ternyata terdapat "file" yang tidak seharusnya di konsumsi seumuran dia. setelah ditelusuri dan di introgasi, ternyata file tersebut berasal dari handphone ortunya. (makanya bapak ibu hapenya dijaga kalo di isi yang begituan, ntar di bluetooth putranya lho.)

5. saat masih kecil (SD) kelas 1, kagak ada anak yang maen pacar-pacaran (walau banyak yang maen gojlok-gojlokan). sedangkan kini, wah anak SD aja banyak yang mojok di bawah pohon (katanya sih pacaran setelah saya tanya)
6. waktu  anak-anak banyak dari kami ngumpul di masjid dan menunggu adzan magrib, biasanya kami ikut "pujian" dan berbondong-bondong minta ngaji sama pak ustad, tapi kini masjid yang pujian hanya segelintir orang tua dan pak ustad sekarang nganggur karena kagak ada yang ngaji. anak-nak lebih suka dirumah dengan maen game di hapenya masing-masing.
7. dulu teman-teman sebayaku, suka nonton kartun anak-anak dan ngrumpiin topik-topik sekitar itu (muter2) kayak power ranger, blayblade, Let's and Go, Satriya Baja Hitam, dsb klo yang cewek maen lompat tali, pasar-pasaran dsb. sekarang anak-anak lebih suka nonton tayangan yang tidak sesuai umurannya (eh, coboy junior jam berapa?, wah nanti malem ada cherrybell lho,,)

"....Maka ketika itu anak kecil menjadi beruban, setiap yang hamil melahirkan apa yang dikandungnya, dan kamu lihat orang-orang seakan-akan mabuk padahal mereka tidak mabuk, tetapi karena adzab Allah Subhanahu wa Ta’ala yang sangat keras....." (HR Bukhari dan Fathul Bari)

0 komentar: